4WH
KETRAMPILAN ABAD 21
INFO DAN WAWASAN DARI KOPERDI-IND
Keterampilan abad 21 itu apa saja?
Ada empat kompetensi yang kiranya dapat dilatih oleh peserta didik. Keempat kompetensi itu adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi
Apa itu keterampilan 4C abad 21?
Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, and Communication) adalah kompetensi yang dianggap penting dalam era digital saat ini. Kompetensi ini meliputi kemampuan untuk berpikir kritis, berpikir kreatif, bekerja sama dengan orang lain, dan berkomunikasi dengan baik.
Apa itu 6C dalam pembelajaran abad 21?
Adapun keterampilan 6C yang harus dikuasai siswa pada pendidikan era abad 21 yaitu critical thinking and problem solving, communication, collaboration, creativity and innovation, carakter education, dan citizenship
6C apa saja?
Dengan penambahan peran kecakapan tersebut, keenam kecakapan abad ke-21 kemudian dikenal dengan istilah 6C, yakni character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi)
Mengapa keterampilan abad 21 penting bagi siswa?
Keterampilan abad ke-21 dapat menumbuhkan dan meningkatkan kerjasama dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan masalah tertentu, meningkatkan rasa toleransinya terhadap perbedaan pendapat teman, berusaha untuk berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan permasalahan tentang mengkaitkan sesuatu.
Apa saja keterampilan yang harus dimiliki guru dalam memenuhi tuntutan keterampilan mengajar abad 21?
Guru harus mampu mengasah keterampilan dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk dapat mengatasi tantangan global, dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berinovasi dan memecahkan masalah melalui negosiasi dan kolaborasi.
Apa yang dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan abad 21?
Beberapa strategi yang daat digunakan untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam kurikulum pendidikan adalah sebagai berikut:
Pembelajaran Berbasis Proyek. ...
Pemanfaatan Teknologi. ...
Pembelajaran Berbasis Masalah. ...
Pembelajaran Berbasis Kompetensi. ...
Pembelajaran Kolaboratif.
Bagaimana peran dan fungsi guru dalam pembelajaran abad 21?
Peran guru tidak hanya sebagai pendidik tetapi juga pembimbing bagi peserta didik. Menurut Mulyono (2021:96), guru pada abad 21 berperan sebagai fasilitator yang menyediakan stimulus baik berupa strategi pembelajaran, bimbingan dan bantuan ketika peserta didik mengalami kesulitan belajar.
Keterampilan Abad 21
Pendidikan saat ini bukan hanya tentang pengetahuan mata pelajaran yang diajarkan.
Pendidikan di abad 21 adalah tentang:
Kepemimpinan
Kami mengakui keterampilan kepemimpinan di setiap anak yang akan menjadikan mereka pemimpin yang lebih baik dan efektif di masa depan. Dengan penerapan 7 Habit, kami menciptakan lingkungan yang mengedepankan kemampuan kepemimpinan. Ini adalah tentang memiliki visi di mana Anda ingin dan bekerja untuk mencapai visi itu. Dari usia dini, siswa kami memahami dengan jelas tujuan mereka dan bagaimana bekerja menuju tujuan mereka.
Tanggung Jawab
Siswa kami memahami dengan baik bahwa semua yang pemikiran, pilihan, dan reaksi mereka akan memiliki dampak yang besar bagi masyarakat. Hal ini tergambar di kegiatan mereka sehari-hari, misalnya, siswa bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Selain itu, Quality Tools oleh David Langford membantu mereka dalam mengetahui apa yang perlu ditingkatkan.
Pemecahan Masalah
Semakin baik kita dalam memecahkan masalah, semakin mudah hidup kita. Dengan demikian, kami terus mengembangkan keterampilan ini dengan mendorong siswa untuk fokus pada solusi untuk masalah daripada masalah itu sendiri. Sejalan dengan 7 Habits, siswa berorientasi ke arah solusi win-win yang mendukung kedua belah pihak.
Pemikiran Analitik
Pemikiran analitis adalah alat berpikir yang akan membantu siswa untuk memahami inti dari setiap masalah. Komponen pemikiran visual yang kritis ini memberi seseorang kemampuan untuk memecahkan masalah dengan cepat dan efektif. Siswa SPM belajar memecahkan masalah kompleks menjadi elemen yang dapat dikelola. Siswa kemudian mengumpulkan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah.
kemampuan Beradaptasi
Untuk menghadapi dunia yang berkembang dengan cepat, kami mempersiapkan siswa kami untuk menjadi fleksibel dan memiliki kemampuan untuk segera beradaptasi dengan kondisi apa pun. Kami juga membantu siswa untuk menjadi individu yang sangat ulet dan bekerja secara efektif dalam iklim ambiguitas dan mengubah prioritas, memungkinkan tantangan dan peluang baru untuk melampaui zona nyaman mereka.
Komunikasi
Kami mendorong siswa kami untuk memilik kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan. Kami membantu siswa untuk memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif karena kami percaya bahwa komunikasi yang baik akan menumbuhkan pemahaman yang lebih baik, membangun kepercayaan dan rasa hormat, serta menyelesaikan perbedaan.
Inisiatif
Siswa kami tahu target mereka untuk setiap mata pelajaran dan mereka bertanggung jawab dalam pencapaiannya. Mereka dapat mendefinisikan, memprioritaskan dan menyelesaikan tugas tanpa pengawasan langsung dari guru dan menjadi independen.
Pengarahan Diri
Siswa kami menunjukkan komitmen untuk belajar sebagai proses seumur hidup. Mereka menunjukkan inisiatif untuk perbaikan dan untuk melampaui keterampilan dasar untuk mendapatkan keahlian juga merefleksikan secara kritis pengalaman masa lalu sebagai referensi untuk kemajuan di masa depan.
Kreatifitas
Siswa kami mampu menguraikan, menyaring, menganalisis, dan mengevaluasi ide-ide mereka sendiri untuk meningkatkan dan memaksimalkan upaya-upaya kreatif. Mereka memahami bahwa kreativitas dan inovasi adalah proses jangka panjang yang bermula dari keberhasilan kecil dan kesalahan yang sering terjadi.
Keterampilan Lintas Budaya
Penting bahwa siswa kami tahu kapan waktu yang tepat untuk mendengarkan dan kapan berbicara. Siswa kami mampu melakukan sendiri dengan cara yang baik dan profesional.
Kerjasama
Mencapai sesuatu dengan kemapuan sendiri? Luar biasa. Tetapi di SPM, kami percaya bahwa ketika kita bekerja bersama, kita dapat lebih baik lagi. Kerja tim akan membantu siswa untuk mengetahui minat bersama, tanggung jawab, dan menyediakan ikatan yang sangat penting untuk menciptakan tim yang sukses.
https://slideswith.com/blog/live-poll-for-classroom ... 6 Polling Langsung untuk Kelas Anda untuk mendapatkan Keterlibatan Interaktif yang Menyenangkan
Note :
Sekolah Bapak/Ibu Guru Hebat belum punya website seperti contoh ini www.smpn1maron.sch.id ... Ayo Sharing dengan kami KOPERDI-IND ... insya allah sekolah bapak/ibu insya allah akan mempunyai website sendiri yang elegan, simpel dan mudah di kelola secara mandiri ...
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-google-sites/
https://www.niagahoster.co.id/blog/menghubungkan-custom-domain-ke-google-sites/