WEBINAR KE-21
"Praktik baik pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan PJBL dalam Pembelajaran di kelas"
#KOPERDI-IND Belajar & Berbagi dalam Kebersamaan KE 11
Project Based Learning dan Problem Based Learning sering membuat bingung, apalagi sering sama-sama disingkat dengan singkatan PBL. Tetapi ada juga ada yang menyingkat Project based learning dengan PjBL untuk membedaannya dengan Problem Based learning (PBL). Supaya tidak bingung, yuk simak ulasan tentang perbedaan PBL dan PjBL berikut ini.
Project Based Learning
Project Based Learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Metode ini menuntut siswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Siswa secara konstruktif akan melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata, dan relevan ...........
https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/perbedaan-project-based-learning-dan-problem-based-learning
Susunan Acara
Pembukaan
Sambutan
Acara inti Webinar
Tanya Jawab
Penutup
https://forms.gle/BpXnh54Wo9jpoYtVA ... Klik ini
Materi Webinar
https://drive.google.com/file/d/19ZtM78xqo3l0W1uosgRJroR5SZAyTaM2/view?usp=sharing .. Klik ini
SERTIFIKAT / Piagam Webinar
https://drive.google.com/drive/folders/1nX3yR8Fm9vfHN9iVDEFKfe79ItM7FWq4?usp=sharing ... klik ini
Project Based Learning (PjBL) atau Metode Pembelajaran Berbasis Proyek
By kangjo.net
Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, inter pretasi, sisntesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. (Daryanto, 2014: 23).
Karakteristik Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL)
Peserta didik membuat keputusan tentangsebuah kerangka kerja;
Adanya permasalahan atau tantangan yang diajukan kepada Peserta didik
Peserta didik mendesain proses untuk menentukan solusi atau permasalahan atau tantangan yang diberikan;
Peserta didik secara kolaboratif bertanggung jawab untuk mengakses dan mengelola informasi untuk memecahkan permasalahan;
Proses evaluasi dijalankan secara kontinyu;
Peserta didik secara berkala melakukan refleksi atas aktifitas yang sudah dijalankan
Produk akhir aktiitas belajar dievalusi secara kualitatif; dan
Situasi pembelajaran sangat toleran terhadap kesalahan dan perubahan.