TIPS & TRIK LULUS
SIMULASI MENGAJAR & WAWANCARA
CALON GURU PENGGERAK
Apa dan Bagaimana menyiapkannya
"Tips Lolos Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara Guru Penggerak"
SIMULASI MENGAJAR :
Bagi rekan guru yang dinyatakan lolos seleksi tahap 1 Program Guru Penggerak, tentunya ada rasa bangga sekaligus kekhawatiran untuk mengikuti tahap selanjutnya dalam rangkaian seleksi Guru Penggerak.
Seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak meliputi simulasi mengajar dan wawancara. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti tahapan tersebut, Berikut ini tips Lolos seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak yang dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi :.
Persiapan umum:
Memantau terus akun SIMPKB, untuk mendapatkan informasi jadwal pelaksanaan simulasi mengajar dan wawancara.
Mempersiapkan ruangan yang nyaman, cukup pencahayaan, minim gangguan dan kebisingan.
Siapkan Komputer/laptopnya, Jaringan internet yang stabil / siapkan paket data (Indihome & tethering HP)
Antisipasi pemadaman listrik, dengan mengisi penuh baterai pada gawai yang akan digunakan.
Menyiapkan KTP, karena akan diminta untuk menunjukkan sebelum mulai simulasi mengajar maupun wawancara.
Cek aplikasi google meet apakah sudah berfungsi dengan baik.
Persiapan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam simulasi mengajar:
Pelajari kembali RPP yang sudah diunggah saat seleksi tahap 1.
Persiapkan ruangan dengan papan tulis atau bisa diganti dengan kertas manila (untuk media ajar) dan juga alat tulis yang diperlukan. Jika mencantumkan penggunaan LCD, tentunya anda juga harus mempersiapkan LCD yang sudah terhubung dengan laptop dan siap digunakan.
Persiapkan materi pembelajaran, media dan alat peraga sebagaimana tercantum dalam RPP.
Pelajari langkah-langkah pembelajaran yang tercantum dalam RPP. Bila perlu catat kembali dalam bentuk skenario pembelajaran.
Latih skenario pembelajaran yang telah dibuat dan sesuaikan dengan waktu yaitu selama 10 menit mulai awal hingga akhir pembelajaran. usahakan ada kata-2 yang menimbulkan peserta didik juga aktif dalam proses pembelajaran .. contoh " siapa yaa yang memimpin do'a hari ini ... ! dll
Pembukaan
- Sapa dan salam
- Do'a
- Absensi
- Review Pembelajaran Sebelumnya
- Materi dan Tema Pembelajaran hari ini
- Tujuan Pembelajaran
- Mengkaitan Materi hari ini dengan kehidupan sekitar
Isi
- Metode Pembelajaran
- Pelaksanaan Pembelajaran
Penutup
- Kesimpulan dan umpan balik dari peserta didik
- Asesmen / evaluasi
- Info Pembelajaran yang akan datang
- Do'a Penutup
Usahakan jangan sampai melebihi waktu yang ditentukan. Karena apabila lebih dari 10 menit, asesor akan mengakhiri sesi simulasi pembelajaran.
Simulasi mengajar dilakukan senyata mungkin, seperti kita berada di kelas dengan murid-murid. Aktifkan interaksi dan perbanyak kegiatan dengan murid. Intinya adalah berpusat pada murid.
Manfaatkan media pembelajaran semaksimal mungkin.
Pertanyaan setelah simulasi mengajar antara lain:
Kekurangan dan kelebihan selama pembelajaran,
Seputar penilaian yang digunakan,
Dan apa yang akan dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran.
Note :
Persiapan mental supaya tidak grogi.
Terima semua masukan dari asesor, hindari berdebat dan jangan lupa berterima kasih untuk bimbingan dari Bapak/Ibu asesor.
WAWANCARA :
Persiapan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara:
Pelajari kembali essay yang sudah diunggah pada seleksi tahap 1. Pahami betul tiap pertanyaan dan jawaban didalamnya. Karena pertanyaan yang diajukan adalah seputar essay dan pengembangannya
Jawab pertanyaan asesor dengan jujur sesuai pengalaman anda selama menjadi guru
Simak baik-baik pertanyaan dari asesor dan jawab dengan jelas, tidak berbelit-belit dan tidak keluar dari topik pertanyaan.
Hargai setiap masukan dari asesor dan hindari perdebatan.
Hindari sikap keakuan atau menonjolkan diri secara berlebihan. Tetapi kedepankan sikap memberi prakarsa, berkolaborasi dan bekerja sama dengan semua pihak.
Tunjukkan sikap ramah, semangat dan rasa antusias.
Siapkan mental supaya tidak grogi dalam menjawab pertanyaan.
Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengikuti seleksi calon guru penggerak. Tetap semangat belajar dan berkarya.
PETUNJUK PELAKSANAAN SIMULASI MENGAJAR DAN WAWANCARA CALON GURU PENGGERAK
A. Petunjuk Umum Seleksi Simulasi Mengajar
Pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar akan dilakukan secara daring (online) dengan aplikasi Google Meet dan tanpa dihadiri oleh murid (Peserta harus memiliki akun Google dan menggunakan browser Chrome).
Seleksi Simulasi Mengajar akan dinilai oleh 2 (dua) asesor.
Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar. Kandidat diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar yang akan diinformasikan melalui aplikasi SIMPKB.
Peserta menyiapkan hal berikut untuk mengikuti seleksi Simulasi Mengajar sebagai berikut:
Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang baik, dan tersedia akses listrik dan internet (asesor berhak menghentikan seleksi jika dilakukan di lokasi yang tidak cocok seperti: di dalam angkutan umum atau tempat umum yang terlalu berisik)
Alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: rencana pembelajaran, papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll)
Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet
Komputer/Laptop/perangkat elektronik dengan Kamera Video dan
Speaker/Microphone yang baik
Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar kandidat secara penuh/seluruh badan dalam pelaksanaan simulasi dan menangkap suara dengan baik. (lihat contoh tampilan kandidat)
Melakukan latihan panggilan video melalui Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.
Calon peserta diharapkan berdiri saat melakukan simulasi mengajar
B. Petunjuk Khusus Pelaksanaan Simulasi Mengajar
Peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia (sesuai mata pelajaran dan jenjang) melalui tautan berikut: http://bit.ly/TopikSMPP
Topik mengajar untuk guru mata pelajaran bahasa daerah, TIK, dan Agama bisa dipilih berdasarkan kurikulum yang dipergunakan di masing-masing sekolah/jenjang.
Guru mata pelajaran bahasa asing/bahasa daerah wajib menggunakan bahasa Indonesia dalam memberikan instruksi pembelajaran (80% bahasa Indonesia, 20% bahasa asing/daerah).
Siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk durasi 10 menit dan unggah melalui portal Guru Berbagi https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditentukan, sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. (Contoh bagian-bagian RPP terlampir)
RPP yang diunggah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud no 14 tahun 2019, RPP yang diunggah berisi tujuan pembelajaran, langkah- langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian (assessment) pembelajaran.
Karena pembelajaran akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar. Penilaian pembelajaran wajib disiapkan oleh peserta seleksi walau tidak dilakukan dalam simulasi mengajar.
Jadwal pelaksanaan simulasi mengajar dan tautan Google meet akan diberikan melalui aplikasi SIMPKB melalui dash board seleksi simulasi mengajar. Ikutilah seleksi simulasi mengajar sesuai jadwal yang diberikan.
Di awal proses seleksi, asesor akan melakukan konfirmasi nama dan instansi tempat guru mengajar.
Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.
Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat murid-murid yang mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut.
Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pengajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.
Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim Asesor.
Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh Tim Seleksi/Asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.
Jika terjadi kendala teknis dalam pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar silahkan laporkan kepada Tim Pemantau atau melalui e-mail guru.penggerak@kemdikbud.go.id.
C. Unsur Penilaian Simulasi Mengajar
Kompetensi 1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman.
Guru menggunakan strategi komunikasi yang positif dan efektif melalui instruksi- instruksi yang sesuai dengan karakteristik murid serta bagaimana kepercayaan diri guru dalam memimpin pembelajaran.
Kompetensi 2 – Mendesain, memandu, dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif
Guru memandu pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan digunakannya contoh maupun alat peraga dalam memimpin pembelajaran, perencanaan penilaian pembelajaran serta hubungannya dengan tujuan pembelajaran.
Kompetensi 3 - Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self- regulated learning).
Guru melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.
Note :
Sekolah Bapak/Ibu Guru Hebat belum punya website seperti contoh ini www.smpn1maron.sch.id ... Ayo Sharing dengan kami KOPERDI-IND ... insya allah sekolah bapak/ibu insya allah akan mempunyai website sendiri yang elegan, simpel dan mudah di kelola secara mandiri ...
https://www.koperdi.or.id/koperdi-ind-berbagi/website-sekolah