TIPS & TRIK LULUS

SIMULASI MENGAJAR & WAWANCARA  

CALON GURU PENGGERAK

Apa dan Bagaimana menyiapkannya

"Tips Lolos Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara Guru Penggerak" 


SIMULASI MENGAJAR :


Bagi rekan guru yang dinyatakan lolos seleksi tahap 1 Program Guru Penggerak, tentunya ada rasa bangga sekaligus kekhawatiran untuk mengikuti tahap selanjutnya dalam rangkaian seleksi Guru Penggerak. 


Seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak meliputi simulasi mengajar dan wawancara. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti tahapan tersebut, Berikut ini tips Lolos seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak yang dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi :.


Persiapan umum:



Persiapan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam simulasi mengajar:






- Sapa dan salam

- Do'a

- Absensi

- Review Pembelajaran Sebelumnya

- Materi dan Tema Pembelajaran hari ini

- Tujuan Pembelajaran

- Mengkaitan Materi hari ini dengan kehidupan sekitar

- Metode Pembelajaran 

- Pelaksanaan Pembelajaran

- Kesimpulan dan umpan balik dari peserta didik

- Asesmen / evaluasi

- Info Pembelajaran yang akan datang

- Do'a Penutup





Pertanyaan setelah simulasi mengajar antara lain: 


Note :




WAWANCARA :


Persiapan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara:



PETUNJUK PELAKSANAAN SIMULASI MENGAJAR DAN WAWANCARA CALON GURU PENGGERAK


A.  Petunjuk Umum Seleksi Simulasi Mengajar

B.  Petunjuk Khusus Pelaksanaan Simulasi Mengajar

Jika terjadi kendala teknis dalam pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar silahkan laporkan kepada Tim Pemantau atau melalui e-mail guru.penggerak@kemdikbud.go.id.

C. Unsur Penilaian Simulasi Mengajar

Kompetensi 1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman.

Guru menggunakan strategi komunikasi yang positif dan efektif melalui instruksi- instruksi yang sesuai dengan karakteristik murid serta bagaimana kepercayaan diri guru dalam memimpin pembelajaran.

Kompetensi 2 – Mendesain, memandu, dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif

Guru memandu pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan digunakannya contoh maupun alat peraga dalam memimpin pembelajaran, perencanaan penilaian pembelajaran serta hubungannya dengan tujuan pembelajaran.

Kompetensi 3 - Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self- regulated learning).

Guru melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

Note :

Sekolah Bapak/Ibu Guru Hebat belum punya website seperti contoh ini www.smpn1maron.sch.id ... Ayo Sharing dengan kami KOPERDI-IND ... insya allah sekolah bapak/ibu insya allah akan mempunyai website sendiri yang elegan, simpel dan mudah di kelola secara mandiri ... 

 
https://www.koperdi.or.id/koperdi-ind-berbagi/website-sekolah